Welcome to Hari Minggu

Sabtu, 18 Desember 2010

Hari ini hari minggu... ya semua orang di penjuru jagat raya nusantara bumi pertiwi Indonesia ini juga tau kalau hari ini hari minggu.. hehehe (: peace..(-: (kenapa sih aku suka banget ngomong yang gak penting?)




Yang ada dalam pikiranku saat ini adalah:






























bosannnnnn...!!!!!!!!
huhuhuhu pengen jalan-jalan, main, shopping... dll


Ngomong-ngomong soal shopping, aku tuh punya hobi belanja, tapi aku bingung.. kenapa barang yang pengen aku beli itu seringnya barang yang gak penting. Apakah aku seorang yang shopaholic? gimana sih ciri-ciri shopaholic?


Shopaholic berasal dari kata "shop" yang artinya belanja dan "aholic" yang artinya suatu ketergantungan yang disadari ataupun tidak. Menurut Oxford Expans (dalam Rizka, 2008) dikemukakan bahwa shopaholic adalah seseorang yang tidak mampu menahan keinginannya untuk berbelanja dan berbelanja sehingga menghabiskan begitu banyak waktu dan uang untuk berbelanja meskipun barang-barang yang dibelinya tidak selalu ia butuhkan. 


Lalu gimana cara mendeteksi apakah kamu shopaholic atau bukan??
1. Kamu sangat bersemangat membicarakan rencana jalan-jalan untuk berbelanja. Jika tidak bisa merealisasikannya dalam satu minggu, kamu pasti akan kecewa.

2. Mood sering berubah. Saat berbelanja, kamu sangat gembira. Namun, emosi kamu bisa berubah muram ketika uang yang dimiliki menipis atau malah habis.

3. Kamu melihat acara pernikahan atau pesta bukan sebagai momen untuk bersenang-senang, tetapi sebagai alasan untuk berbelanja baju baru.

4. Lemari kamu penuh dengan pakaian, sepatu, perhiasan, dan peralatan makeup yang baru dipakai sekali atau masih terpasang label harga atau malah belum tersentuh sejak dibeli. Kamu memang ingin membeli barang-barang itu, tanpa tahu kapan akan memakainya.

5. Kamu banyak berutang karena gaji kamu tidak bisa mendukung kebiasaan belanja ini. 



Apakah kalian punya pengalaman yg berhubungan dengan kebiasaan belanja kalian?
hemmm kayaknya sih aku  belum termasuk gejala-gejala di atas. Sebenernya shopaholic tuh bahaya gak sih untuk pengidapnya? (kayak penyakit aja 'pengidap') wkwkwkwk




  • Udah pasti kerugiannya banyak banget, bagi anak remaja pastinya uang kamu bakal cepet habis... atau uang mama dan papa yg bakal habis karena kamu belanjain terus. Nah pas saatnya ada barang yang lagi dibutuhkan banget, uangnya udah abis untuk dipake belanja yang gak perlu. Maka hindarilah pemborosan karena hobi belanja-belanja yang gak perlu atau  shopaholic!
  • Shopaholic menjadi penyebab bagi lebih dari setengah perkara kebangkrutan di Hong Kong. Data statistik menyebutkan lebih dari 600 (sekitar 59 persen) perkara kebangkrutan di Hong Kong dihubungkan dengan belanja secara berlebihan selama kurun waktu 2004. Jumlah itu meningkat secara signifikan dibanding tahun sebelumnya yang hanya 319 perkara, demikian seperti dilansir Reuters. Nah ini dia ni kawan! Bisa bikin bangkrut bangkrut bangkrut!
  • Bagi para cewek yang udah berumah tangga..uppss kasihan dong pasti suaminya, anak-anak juga bisa terlantar karena punya mama yang shopaholic... Oh ya, bisa juga  lho karena borosnya si shopaholic ini, rumah tangga kamu jadi retak.. dan akhirnya...... boooomm boomm poww..!!!!! hehehe bercerai deh. Jangan sampai itu terjadi pada pasangan rumah tangga..
Hindarilah shopaholic ini, dan bendung selagi belum parah!
Jadi, bagi kamu yang taraf gila belanjanya belum terlalu parah, segeralah mengatur strategi untuk tidak terlanjur menjadi shopaholic. Caranya sederhana banget yaitu membuat perencanaan keuangan. Rencanakan pemasukan dan pengeluaran uang kamu dan buatkan anggaran itu untuk diri sendiri.


Mmm kalo gitu, untuk mengisi hari libur ini, enaknya ngapain ya? Ada yang punya ide?
Atau..ada yang mau traktir aku belanja? hehehe :)

sedikit blog tentang Shopaholic:


WE ARE NOT BORN TO SHOP

0 komentar:

Posting Komentar